Kamis, 09 Februari 2012

Pria Romania Didakwa karena Meretas Komputer NASA

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Seorang pria Romania didakwa Pengadilan Federal AS atas tuduhan meretas komputer milik Lembaga Antariksa Amerika NASA, kata jaksa penuntut umum, Rabu (8/2/2012).

Pria bernama Robert Butyka itu menggunakan nama daring (dalam jaringan) "Iceman" dan melakukan peretasan di laboratorium Jet Propulsion, tidak jauh dari Los Angeles. Robert Butyka dituntut atas tuduhan meretas 25 komputer NASA pada Desember 2010 dan menyebabkan kerugian hingga 500.000 dollar AS dan mengakibatkan para peneliti tidak bisa menggunakan komputer-komputer itu selama dua bulan, kata Juru Bicara Kejaksaan AS, Thom Mrozek.

Komputer-komputer itu merupakan bagian dari Program "Atmospheric Infrared Sounder", yang bertujuan untuk mendukung penelitian mengenai iklim dan pengembangan ramalan cuaca.

Thom Mrozek mengatakan, Robert Butyka (25) dihukum tiga tahun penjara di Romania bulan lalu, setelah dinyatakan bersalah atas tuduhan yang sama. Namun, tidak dijelaskan apakah Robert saat ini sedang menjalani masa penahanan di Romania. Thom Mrozek mengatakan, saat ini pihak berwenang AS akan mencari cara untuk melakukan ekstradisi Robert ke Amerika untuk diadili.

Dakwaan terhadap Butyka adalah satu kasus gangguan terhadap komputer yang dilindungi. Jika terbukti bersalah, Robert Butyka akan menghadapi hukuman paling lama 10 tahun penjara.

Laboratorium Jet Propulsion merupakan pusat penelitian dan pengembangan NASA, yang didanai pemerintah federal selama beberapa tahun terakhir. Laboratorium itu telah berhasil melakukan beberapa proyek di Mars, seperti eksplorasi, peninjauan orbit, dan penyelidikan Cassini-Huygens di

0 komentar:

Posting Komentar